Mitos ASI

Event,Lifestyle

Mitos ASI yang Harus Dihindari oleh Para Ibu

19 Mar , 2021  

ASI sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Tak hanya menyediakan nutrisi yang lengkap, ASI juga membantu pembentukan daya tahan tubuh agar si kecil tidak mudah sakit. Sayangnya ada beberapa mitos ASI yang berkembang di masyarakat dan seringkali membuat pusing para ibu.

Kalau kebetulan kamu adalah ibu menyusui, ini dia nih beberapa mitos yang akan sering kamu dengar tapi sebenarnya tak perlu kamu ambil pusing!

 

 

Semakin Kecil Payudara Semakin Sedikit Produksi ASInya

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tak ada hubungannya antara ukuran payudara dengan jumlah ASI yang diproduksi. Jadi, ibu tetap bisa memenuhi kebutuhan asi si kecil. Hal yang bisa mempengaruhi jumlah ASI adalah stimulasi yang diberikan. Semakin sering si kecil menyusu langsung maka akan semakin lancar pula produksi ASI ibu.

 

 

ASI yang Berwarna Kekuningan Berarti Basi

Ada mitos ASI yang sangat merugikan kalau sampai kamu percaya. Mitos tersebut adalah mitos yang mengatakan kalau ASI yang berwarna kekuningan dengan tekstur yang lebih kental berarti basi dan harus dibuang. Padahal itu adalah kolostrum yang mengandung antibody dan imunoglobin. Keduanya sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil.

 

 

Jika Ibu Makan Pedas Maka Asi Juga Akan Terasa Pedas

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil memang dapat mempengaruhi rasa ASI. Tapi bukan berarti rasanya akan 100% sama. Jadi walaupun ibu makan pedas, tak berarti ASI akan terasa pedas. Risiko yang mungkin timbul adalah bayi menjadi diare karena kandungan capsaicin.

 

 

Ibu Minum Es Membuat si Kecil Terkena Flu

Mitos yang satu ini juga sama sekali tidak perlu diambil pusing. Proses ASI sama sekali tidak sesederhana ibu mengkonsumsi es ma ASI juga akan terasa dingin. Flu disebabkan oleh virus, dan ASI justru bisa membantu membentuk antibodi untuk menangkal penyakit tersebut.

 

 

Menyusui Pada Malam Hari Sangat Penting

Nah, kalau yang satu ini bukan mitos ASI. Proses direct breastfeeding atau menyusui secara langsung di malam hari memang sangat penting bagi bayi dan juga ibunya. Pada malam hari otak memproduksi hormon prolaktin. Hormon tersebut sangat penting untuk memastikan kelancaran produksi ASI.

Lengkapi semua kebutuhan si kecil dengan berbelanja di Mothercare dan tenant-tenant lain Trans Studio Mall Makassar.

,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *