Nyepi Cibubur

Event,Home

Bagaimana Umat Hindu di Luar Bali Merayakan Nyepi?

12 Mar , 2021  

Nyepi adalah sebuah perayaan penting bagi Umat Hindu yang dilaksanakan setiap pergantian tahun Saka. Hari Besar ini menjadi simbol dari pensucian kembali umat manusia beserta alam di sekitarnya. Bali menjadi salah satu tempat yang paling disoroti terkait perayaan ini karena di sanalah perayaan ini bisa dilakukan dengan menyeluruh; hampir seluruh kegiatan luar ruangan dihentikan.

Tapi bagaimana ya mereka yang berada di luar Bali merayakan Nyepi? Kurang lebih seperti ini, nih, TSM Lovers!

 

 

Amati Geni

Amati Geni berarti menjauhi api. Umat Hindu di Bali maupun luar Bali dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang berkaitan dengan api selama 24 jam. Aktivitas yang dimaksud termasuk memasak, membakar sampah, dan lain-lain.

Tidak bisa memasak selama 24 jam tidak menjadi masalah karena setiap yang merayakan Nyepi juga dianjurkan untuk berpuasa. Semua prosesi ini dimaksudkan untuk kembali menyucikan diri.

 

 

Amati Karya

Selain tidak boleh menyalakan api, saat Nyepi Umat Hindu juga dianjurkan untuk tidak bekerja atau biasa disebut dengan Amati Karya. Prosesi ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan panca indera. Jika Umat Hindu di Bali bisa mendapatkannya dengan mudah, yang ada di luar Bali harus mengajukan cuti atau mendapatkan dispensasi khusus.

 

 

Amati Lelungaan

Tidak bepergian ke luar rumah adalah anjuran berikutnya yang harus dilakukan di permulaan Tahun Baru Saka. Seperti namanya, Umat Hindu di manapun berada biasanya menghabiskan satu harian penuh dengan berdiam diri di rumah dan benar-benar hanya menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

 

Amati Lelanguan

Anjuran berikutnya yang harus ditaati oleh Masyarakat Hindu di manapun berada adalah untuk tidak mencari hiburan selama 24 jam ke depan. Anjuran ini dimaksudkan untuk kembali mensucikan jiwa dan raga yang telah terlalu sibuk dengan urusan duniawi. Satu-satunya hiburan yang bisa dilakukan adalah bercengkrama dengan keluarga sambil tak lupa berdoa kepada para dewa.

 

4 hal di atas dikenal pula dengan nama Catur Brata Penyepian dan harus dilakukan oleh Umat Hindu yang tinggal di Bali maupun luar Bali. Semoga pelaksanaan Nyepi tahun ini mendatangkan ketentraman bagi semua, ya, TSM Lovers!

,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *